structure toefl skill

May 1, 2012

Coordinate Connector

Banyak kalimat dalam Bahasa Inggris yang terdiri dari dua klausa. Klausa adalah kelompok kata yang paling sedikit terdiri dari satu Subject dan satu Verb (Predikat). Salah satu cara untuk menggabungkan dua buah klausa adalah dengan menggunakan AND, BUT, OR, or SO.

Contoh:

  1. The sun was shining and the sky was blue.
  2. The sky was blue, but it was very cold.
  3. It may rain tonight, or it may be clear.
  4. It was raining outside, so I took my umbrella.

Analisa:
Keempat kalimat diatas terdiri dari dua klausa dan semuanya di hubungkan dengan sebuah Coordinate Coonector dan sebuah Comma.

Contoh berikut ini akan menunjukan bagaimana Coordinate Connector di Tes di Structure Questions pada TOEFL Test.

1.    The patient took all the medicine, he did not feel much better.(I)

Analisa:
Kedua kalimat/klausa diatas sudah benar, tapi belum ada connectornya.
Kalimat yang benar seharusnya adalah The patient took all the medicine, but he did not feel much better.

2.    The bill must be paid immediately, or the electricity will be turned off. (C)

Analisa:
Kedua kalimat/klausa diatas sudah benar, begitu juga dengan connector (so) nya.

3.    The furnace broke so the house got quite cold. (I)

Analisa:
Kedua kalimat diatas sudah benar, begitu juga dengan connector (so) nya. Tapi tidak ada koma sebelum so sehingga kalimat diatas salah.
Kalimat yang benar seharusnya The furnace broke, so the lounge got quite cold.

3. The dress did not cost too much, but the quality it seemed excellent. (I)

Analisa:
Kalimat.klausa kedua memiliki double subject, yaitu  the quality dan it. Salah satunya harus di hapus untuk membuat kalimat tersebut benar. Connector (but) sudah benar.
Kalimat yang benar seharusnya The dress did not cost too much, but the quality seemed excellent

4.    The leaves kept falling off the trees, and the boys kept raking them up, but the yard was still covered. (C)

Analisa:
Ketiga klausa/kalimat diatas sudah benar, begitu juga dengan connectornya (and, but)

5.    The mail carrier has already delivered the mail, so the letter is not going to arrive today, it probably will arrive tomorrow.

Analisa:
Ketiga klausa/kalimat diatas sudah benar, tapi connector so salah karena. Seharusnya adalah but.
Kalimat yang benar seharusnya The mail carrier has already delivered the mail, but the letter is not going to arrive today,

Adverb Clause Connector

Perhatikan dua contoh kalimat di bawah ini:

He is tired because he has been working so hard.
Because he has been working so hard, he is tired.

Analisa:
Di masing-masing contoh kalimat di atas terdapat dua buah klausa/kalimat:

He is tired
He has been working hard

Kedua klausa/kalimat diatas tentunya membutuhkan connector untuk menyambungkan mereka dan mempunyai arti. Connector yang tepat adalahbecause. Sehingga kalimatnya menjadi

He is tired because He has been working hard, or
Because he has been working hard, he is tired.

Kalau Connectornya berada di tengah-tengah, maka tidak membutuhkan koma tapi kalau connectornya ada di awal kalimat, maka di butuhkan koma.

Contoh dibawah ini menunjukan bagaimana Adverb Clause Connector biasa di tes di Structure Section dari TOEFL test.

1.    After the plane circled the airport, it landed on the main runway. (C)
Analisa:
Kedua kalimat diatas sudah memiliki subject dan verb. Connector “when”  juga benar dan bisa menghubungkan kedua kalimat diatas.

2.    The registration process took many hours since the lines so long. (I)
Analisa:
Kalimat kedua memiliki subject, the lines,  tapi tidak memiliki verb. Kalimat yang benar untuk kalimat kedua adalah The lines were so long. Connector “since” juga benar dan bisa menghubungkan kedua kalimat diatas.

3.    This type of medicine can be helpful, it can also have some bad side effects. (I)
Analisa:
Kedua kalimat diatas benar, tapi belum ada Connectornya. Connector yang benar mungkin BUT. Jadi kalimat lengkapnya adalah ……….can be helpful, BUT it can also have……

4.    The waves were amazingly high when the storm hit the coastal town. (C)
Analisa:
Kedua kalimat diatas sudah benar begitu juga dengan connectornya.

5.    We need to get a new car whether is on sale or not. (I)
Analisa:
kalimat kedua tidak memiliki Subject. Seharusnya It is on sale or not. Connector “whether” juga benar dan bisa menghubungkan kedua kalimat diatas.

Past Participle  

Penggunaan Past Participle pada Structure Questions seringkali membingungkan karena neniliki dua fungsi, yaitu part of a verb (bagian dari kata kerja) danadjective (kata sifat).

1. Sebagai part of a verb
Past participle akan berfungsi sebagai part of a verb (bagian dari kata kerja) apabila ditemani oleh have, has, had and be (am, is, are, was, were).
Contoh:
  • The mailman has left a letter in the mailbox. (Left is part of a verb)
  • The classes were taught by Professor Smith. (Taught is part of a verb)
      Analisa:
  • Pada kalimat pertama, left adalah bagian dari kata kerja karena ditemani oleh has.
  • Pada kalimat kedua, taught adalah bagian kari kata kerja karena ditemani oleh be (were)
2. Sebagai adjective
 Past Participle berfungsi sebagai kata sifat (adjective) apabila tidak ditemani dengan have, has, had atau be (am, is, are, dan were).
Contoh:
  • The letter left in the mailbox was for me. (Left is ADJECTIVE)
  • The classes taught by Professor Smith were very interesting. (Taught is ADJECTIVE)
Analisa:
  • left adalah adjective karena tidak ditemani oleh has/have or to be. SedangkanSubject dari kalimat pertama adalah The letter dan Verb nya adalah was.
  • taught adalah adjective karena tidak ditemani oleh has/have atau to be. Sedangkan Subject dan verb dari kalimat kedua adalah The classes dan were.
Then indicate if the sentences are correct (C) or incorrect (I).

1. The small apartment very crowded and disorganized. (Incorrect)

    Analisa:
  • Kalimat diatas tidak mempunyai verb of be, is.
  • Kalimat yang benar adalah The small apartment is very crowded and disorganized.
2. The photographs developed yesterday showed Sam and his friends. (Correct)
Analisa:
  •  developed berfungsi sebagai adjective.
  • Subject nya adalah photographs dan verb nya adalah showed.

3. The locked drawer contained the unworn jewels. (Correct)

Analisa:
  • locked dan unworn berfungsi sebagai adjective.
  • Subject nya adalah drawer dan verbya adalah contained.
4. The tree was blown over in the storm was cut into logs. (Incorrect)
Analisa:
  • was blown seharusnya adalah blown saja dan berfungsi sebagai adjective bukannya part of a verb.
  • Kalimat yang benar seharusnya adalah The tree blown over in the storm was cut into logs.

5. The students registered in this course are listed on that sheet of paper. (Correct)
Analisa:

  • registered berfungsi sebagai adjective.
  • Subject nya adalah students dan verbnya adalah are listed.

 Subject and Verb

Kita semua tahu bahwa dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, harus ada minimal sebuah Subject dan sebuah Verb.

Problem yang biasanya muncul sehubungan dengan Subject dan Verb adalah:
  1. Subject atau Verbnya tidak ada.
  2. Subject dan Verbnya tidak ada, atau
  3. Extra Subject and Extra Verb.

Then indicate if the sentences are correct (C) or incorrect ( I ).

 1. My best friend always helpful with problems. ( I )
Analisa:
  • Subject dari kalimat ini adalah My best friend, tapi tidak memiliki Verb is.
  • Kalimat yang benar seharusnya My best friend is always helpful and with problems.
2. The bus schedule has changed since last week. (C)
Analisa:
  • Kalimat diatas sudah memiliki Subject The bus dan juga memiliki Verb has changed
3. Accidentally dropped the glass on the floor. ( I )
Analisa:
  • Kalimat diatas tidak memiliki Subject, tapi memiliki verbs dropped.
  • Kalimat yang benar seharusnya adalah Accidentally she or he dropped the glass on the floor.
4. The customer paying the clerk for the clothes. (I)
Analisa:
  • Kalimat diatas sudah memiliki Subject the customer dan part of verb paying. Kalimat diatas membutuhkan tobe untuk menjadikannya complete verb.
  • Kalimat yang benar seharusnya adalah The customer is paying the clerk for the clothes.
5. The professor handed the syllabus to the students. (C)
Analisa:
  • Kalimat diatas sudah memiliki Subject professor dan Verb handed.
 Object of Prepositions
An object of a preposition adalah noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti) yang terletak setelah preposition (kata depan), seperti in, at, of to, by, behind, dan on yang befungsi membentuk sebuah prepositional phrase.
contoh:
 1. In the morning after the concert was tired.
Analisa:
  • the concert bukanlah Subject, tapi hanya object of preposition dari after.
  • Kalimat diatas tidak meiliki Subject, tapi sudah memiliki Ver yaitu was.
  • Kalimat yang benar adalah: In the morning after the concert he was tired.

2. In the summer the trip to the mountains is our favorite trip.
Analisa:

  • the mountains bukanlah Subject, tapi hanya object of preposition dari to.
  • Kalimat diatas sudah memiliki subject yaitu the trip dan Verb yaitu is.

3. In a box on the top shelf of the cabinet in the hallway of the house.
Analysis:

  • Semuanya adalah object of preposition.
  • No Subject and No verbs.

4. With her purse in her hand ran through the door.
Analisa:

  • her hand bukanlah Subject, tapi hanya object of preposition dari in.
  • Kalimat diatas tidak memiliki Subject tapi sudah memiliki Verb yaitu ran.
  • Kalimat yang benar seharusnya: with her purse in her hand she ran through the door.

5. At 1:00 in the morning the alarm clock on the table beside the bed rang.
Analisa:

  • the bed bukanlah Subject, tapi hanya object of preposition dari beside.
  • Kalimat diatas sudah memiliki subject yaitu the alarm clock dan Verb yaitu rang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: